Rabu, 15 Mei 2024

Cerita Dirjen Kementan Mendadak Diminta Rp 10 Juta Saat Temani SYL Kunker - detikNews

Jakarta -

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto, bercerita soal permintaan dari mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Prihasto mengatakan pejabat eselon I Kementan sering mendadak diminta uang saat menemani SYL kunjungan kerja.

"Uang sharing tadi ya, saksi, juga pernah ada nggak ya? Tadi kan ada istilahnya uang yang jumlahnya kecil langsung ke Bu Sesdit ada yang besar?" tanya jaksa dalam persidangan di PN Tipikor Jakarta, Rabu (15/5/2024).

"Ke Panji tadi, kalau kecil-kecil," jawab Prihasto.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Panji yang dimaksud ialah mantan ajudan SYL. Prihasto mengatakan Panji sering tiba-tiba meminta eselon I Kementan mengumpulkan uang Rp 5-10 juta saat menemani SYL kunker.

"Kalau ke Panji seingat Saksi apa aja yang pernah?" tanya jaksa.

ADVERTISEMENT

"Banyak, kadang kalau kunjungan kerja tiba-tiba diminta patungan, kalau misalnya kami eselon I mendampingi itu diminta patungan Rp 5 juta, Rp 10 juta, seperti itu," jawab Prihasto.

"Itu langsung lewat Panji memintanya?" tanya jaksa.

"Panji, betul," jawab Prihasto.

Diketahui, SYL didakwa melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dengan total Rp 44,5 miliar. Dia didakwa bersama dua eks anak buahnya, yakni Sekjen Kementan nonaktif Kasdi dan Direktur Kementan nonaktif M Hatta. Kasdi dan Hatta diadili dalam berkas perkara terpisah.

Selain membayar gaji pembantu, para pejabat Kementan harus patungan untuk memenuhi berbagai kebutuhan SYL lainnya. Kebutuhan itu antara lain sewa jet pribadi, umrah, perjalanan ke Brasil dan Amerika Serikat, renovasi kamar, membayari baju koko, hingga membeli sapi kurban.

Selain patungan, pejabat di Kementan membuat perjalanan dinas fiktif. Uang dari perjalanan dinas fiktif itu dicairkan dan digunakan untuk memenuhi berbagai permintaan SYL.

Saksikan Live DetikSore:

Lihat Video: Penampakan Mercy Sprinter yang Disembunyikan SYL Terkait Kasus TPPU

[Gambas:Video 20detik]

(mib/haf)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicWh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNzM0MTQ2My9jZXJpdGEtZGlyamVuLWtlbWVudGFuLW1lbmRhZGFrLWRpbWludGEtcnAtMTAtanV0YS1zYWF0LXRlbWFuaS1zeWwta3Vua2Vy0gF1aHR0cHM6Ly9uZXdzLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEvZC03MzQxNDYzL2Nlcml0YS1kaXJqZW4ta2VtZW50YW4tbWVuZGFkYWstZGltaW50YS1ycC0xMC1qdXRhLXNhYXQtdGVtYW5pLXN5bC1rdW5rZXIvYW1w?oc=5

2024-05-15 08:39:28Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar