Selasa, 11 Juli 2023

Jokowi Beberkan Isi Pertemuan Empat Mata dengan Prabowo di Istana Kemarin - Nasional Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membeberkan isi pertemuan empat matanya dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin kemarin, 11 Juli 2023. Pertemuan pukul 16.00 itu berlangsung sekitar 1 jam dan hanya dilakukan di antara keduanya. 

Saat dikonfirmasi apakah pertemuan itu turut membahas proyek pengembangan pesawat tempur siluman KFX/IFX yang dikenal dengan KF-21 Boramae antara Indonesia dan Korea Selatan, Jokowi membantahnya. 

"Mengenai isu-isu pertahanan saja, tapi tidak membahas juga mengenai KFX, tidak berbicara mengenai itu," kata Jokowi di Majalengka, Jawa Barat, Selasa, 11 Juli 2023. 

Jokowi menyebut bakal menanyakan update proyek tersebut ke Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia menyebut belum mengetahui kabar terbaru proyek itu. 

Sementara itu, Prabowo Subianto menyebut dalam persamuhannya dengan Jokowi kemarin, dia melaporkan ke Presiden soal adanya permintaan 100 pesawat jenis CN-235 produksi PT Dirgantara Indonesia.

"Permintaan CN-235 di banyak negara cukup tinggi, cukup baik, perhitungan kita kurang lebih ada permintaan 100 pesawat CN-235 dari Afrika, Amerika Latin, dan sebagainya. Jadi ini tentunya membesarkan hati kita," ujar Prabowo. 

Selain itu, Prabowo menyebut PT Dirgantara Indonesia saat ini telah mengalami revitalisasi, sehingga produktivitas perusahaan itu menjadi meningkat. Dari yang awalnya hanya bisa meproduksi pesawat CN-235 sebanyak dua unit per tahun, kini menjadi delapan unit per tahun. 

Scroll Untuk Melanjutkan

"Sekarang setelah ada revitalisasi, ada reformulasi prosedur kerja, mereka mampu, laporan PT DI, mampu 8 dari yang tadinya 2-3 unit setahun, sekarang mampu 8 CN-235 setahun," kata Prabowo. 

Lapor Ada Permintaan Pelatih TNI

Selain soal permintaan pesawat terbang, Prabowo juga melaporkan ke Jokowi soal adanya beberapa negara yang meminta kerja sama pertahanan dengan TNI. Negara tersebut, kata Prabowo, menginginkan TNI mengirimkan perwira dan bintaranya untuk melatih pasukan di negara mereka. 

"Ini saya kira menunjukkan Indonesia terus dihormati dan jadi panutan banyak negara terutama negara-negara Afrika," kata Prabowo. 

Pertemuan antara Prabowo dengan Jokowi di Istana Negara berlangsung sekitar satu jam. Pertemuan itu berlangsung empat mata dan tak diikuti menteri lainnya. 

Pilihan Editor: Temui Jokowi, Prabowo Subianto Mengaku Lapor Soal 100 Pesanan Pesawat CN-235 Buatan PT DI

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicGh0dHBzOi8vbmFzaW9uYWwudGVtcG8uY28vcmVhZC8xNzQ2Nzg2L2pva293aS1iZWJlcmthbi1pc2ktcGVydGVtdWFuLWVtcGF0LW1hdGEtZGVuZ2FuLXByYWJvd28tZGktaXN0YW5hLWtlbWFyaW7SAW9odHRwczovL25hc2lvbmFsLnRlbXBvLmNvL2FtcC8xNzQ2Nzg2L2pva293aS1iZWJlcmthbi1pc2ktcGVydGVtdWFuLWVtcGF0LW1hdGEtZGVuZ2FuLXByYWJvd28tZGktaXN0YW5hLWtlbWFyaW4?oc=5

2023-07-11 05:52:00Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar