Jumat, 01 November 2019

Melihat Gaya Kepemimpinan Anies dan Ahok... - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Penyusunan anggaran Pemprov DKI Jakarta Tahun Anggaran 2020 menjadi sorotan publik akhir-akhir ini. Pasalnya ditemukan banyak kejanggalan, setidaknya munculnya lima anggaran fantastis.

Yakni anggaran influencer Rp 5 miliar, pembangunan jalur sepeda Rp 73,3 miliar, pembelian lem Aibon Rp 82,8 miliar, pembelian bolpoin R 124 miliar dan pembelian komputer Rp 121 miliar.

Detail komponen anggaran yang dimasukkan ke dalam sistem e-budgeting tersebut dinilai bukanlah anggaran yang sebenarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan adanya kesalahan sistem digital yang digunakan.

Anies mengatakan, meskipun saat ini Pemprov DKI menggunakan sistem digital, pengecekannya tetap manual. Akibatnya, tingkat lolosnya anggaran yang janggal pun terbilang tinggi. Sistem itu seharusnya bisa dilakukan dengan smart system.

Terkait dengan sistem e-budgeting tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) pun angkat bicara. Ia justru menyebut Anies terlalu pintar.

"Aku sudah lupa definisi smart seperti apa karena Pak Anies terlalu over smart," ujar Ahok saat dihubungi Kompas.com, Kamis (31/10/2019).

Ahok menjelaskan, sistem e-budgeting yang digunakan saat dia menjabat sebagai gubernur dahulu bisa mengetahui detail anggaran apa pun, seperti lem Aibon, pulpen, dan lainnya.

Sistem e-budgeting yang dia terapkan, lanjut Ahok, juga bisa mengetahui orang-orang yang memasukkan anggaran yang dinaikkan (mark up).

Melihat perseteruan keduanya, pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Kuskridho Ambardi mengatakan meski Ahok tak lagi menjabat, namun menurutnya jejak Ahok cukup pekat di Jakarta sehingga publik sering membandingkan Anies dan Ahok dalam memimpin Jakarta.

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiX2h0dHBzOi8vd3d3LmtvbXBhcy5jb20vdHJlbi9yZWFkLzIwMTkvMTEvMDEvMTgzNjAwMzY1L21lbGloYXQtZ2F5YS1rZXBlbWltcGluYW4tYW5pZXMtZGFuLWFob2st0gFfaHR0cHM6Ly9hbXAua29tcGFzLmNvbS90cmVuL3JlYWQvMjAxOS8xMS8wMS8xODM2MDAzNjUvbWVsaWhhdC1nYXlhLWtlcGVtaW1waW5hbi1hbmllcy1kYW4tYWhvay0?oc=5

2019-11-01 11:36:00Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar