Jumat, 21 Juni 2024

Rental Mobil Surabaya Ngotot Tolak Penyewa Pati, Kecuali Tak Lepas Kunci - detikOto

Jakarta -

Rental mobil asal Surabaya, Jawa Timur, PT Rangga Ringgo Transindo (RRT) ngotot mem-blacklist penyewa kendaraan asal Pati, Jawa Tengah. Namun, mereka masih 'buka pintu' untuk konsumen setempat yang menyewa mobil tanpa lepas kunci.

Sebelumnya, RRT menjadi sorotan setelah mem-blacklist konsumen asal Pati. Mereka mengaku, keputusan tersebut diambil demi kebaikan perusahaan. Sebab, daerah berjuluk Bumi Mina Tani itu sedang mendapat label negatif, yakni kampung penadah mobil bodong.

"Buat warga Pati, terutama warga Desa Sukolilo, sepurane (maafkan), kami tidak lagi mau menyewakan kendaraan kami. Kami akan blacklist semua konsumen yang ber-KTP Kabupaten Pati," demikian tulis akun media sosial resmi PT Rangga Ringgo Transindo, dikutip Jumat (21/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Para pengusaha rental mobil mengaku masih minim pemesana imbas larangan mudik. Biasanya dipertengah Ramadhan mulai banyak warga yang menyewa.Rental mobil Foto: Pradita Utama

Pemilik rental mobil RRT Ikmilul Bilal mengatakan postingannya tersebut mendapat tanggapan beragam. Banyak pihak yang setuju, namun tak sedikit yang merisaknya.

"Yang kontra mungkin orang Pati atau Sukolio sendiri. Yang pro kebanyakan dari teman-teman rental," ujar Bilal, dikutip dari detikTravel.

ADVERTISEMENT

Menurut Bilal, pihaknya bukan satu-satunya rental mobil di Surabaya yang mem-blacklist Pati, melainkan banyak. Dia bisa saja meminjamkan kendaraan ke pelanggan setempat, asalkan tak lepas kunci alias sepaket dengan sopir.

"Ada beberapa travel lain di Surabaya yang sepakat untuk blacklist. Kecuali sama driver-nya. Kalau include driver mungkin bisa dipertimbangkan," terangnya.

Sebagai catatan, Kabupaten Pati, terutama Desa Sukolilo, tengah menjadi sorotan setelah kasus pengeroyokan yang menewaskan bos rental. Kasus tersebut juga membuka mata publik dan petugas mengenai fenomena mobil bodong di sana.

Para pengusaha rental mobil mengaku masih minim pemesana imbas larangan mudik. Biasanya dipertengah Ramadhan mulai banyak warga yang menyewa.Rental mobil Foto: Pradita Utama

Baru-baru ini, polisi menemukan puluhan mobil bodong di Pati. Mereka mengamankan barang bukti dari tiga lokasi berbeda. Kondisi tersebut yang akhirnya membuat rental mobil seperti RRT mengambil kebijakan blacklist.

"Karena kemarin yang ada owner rental mobil di sana itu terus dimassa, padahal dia mau ambil mobilnya sendiri. Jadi saya pribadi, rental saya blacklist kalau ada kustomer dari Pati ataupun daerah-daerah penadah tersebut," tutur Bilal.

"Karena memang ada beberapa lokasi yang di sana itu jadi kartelnya kendaraan bodong, kendaraan-kendaraan sewa yang kemudian tidak dikembalikan," kata dia menambahkan.


(sfn/rgr)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMibmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEvZC03NDAwODIxL3JlbnRhbC1tb2JpbC1zdXJhYmF5YS1uZ290b3QtdG9sYWstcGVueWV3YS1wYXRpLWtlY3VhbGktdGFrLWxlcGFzLWt1bmNp0gFyaHR0cHM6Ly9vdG8uZGV0aWsuY29tL2Jlcml0YS9kLTc0MDA4MjEvcmVudGFsLW1vYmlsLXN1cmFiYXlhLW5nb3RvdC10b2xhay1wZW55ZXdhLXBhdGkta2VjdWFsaS10YWstbGVwYXMta3VuY2kvYW1w?oc=5

2024-06-21 01:18:27Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar