Sabtu, 18 Mei 2024

Ini Alasan Pajak Tas Enzy Storia Lebih Tinggi Dibanding Harga Barang - detikFinance

Jakarta -

Enzy Storia baru-baru ini mengatakan bahwa dirinya sengaja tak menebus tas yang dikirim dari luar negeri karena pajaknya lebih besar dari harga barangnya. Cuitan ini pun mencuri perhatian publik dan menyoroti Bea dan Cukai.

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan mulanya pengirim tas tersebut menuliskan harga di bawah yang sebenarnya dari ritel atau toko tas tersebut.

Berdasarkan penelusuran Bea dan Cukai, harga tas itu lebih tinggi dari yang dicantumkan. Itu sebabnya pajak lebih mahal dari harga tas yang dicantumkan pengirim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena merupakan hadiah, pengirim mendeklarasikan harga di bawah yang sebenarnya. Hal ini menimbulkan tambah bayar," kata Prastowo dalam cuitannya di X, dikutip Sabtu (18/5/2024).

Karena pajaknya jadi lebih tinggi, Enzy memutuskan untuk tidak menebusnya dan meminta jasa pengiriman mengembalikan barang tersebut ke pengirim.

ADVERTISEMENT

"Namun mengingat tidak ada mekanisme tersebut, maka barang tersebut sampai saat ini masih tersimpan dengan baik di gudang PJT, bukan dikuasai Bea Cukai," ungkapnya.

Keterangan ini merupakan tindak lanjut cuitan dari Enzy Storia di media sosial X. Ia mempertanyakan nasib tasnya yang tidak ditebus karena pajak yang mesti dibayar lebih mahal dari harga tas itu sendiri. Ia pun mempertanyakan apakah tas tersebut sudah dikirim balik ke pengirim.

"Penasaran tas yang nggak gue tebus karena mahalan harga pajak daripada harga tasnya udah dikirim balik belum ya ke pengirim," tulis Enzy seperti dikutip Jumat (17/5).

(ada/ara)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMifmh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhLWVrb25vbWktYmlzbmlzL2QtNzM0NjM5Mi9pbmktYWxhc2FuLXBhamFrLXRhcy1lbnp5LXN0b3JpYS1sZWJpaC10aW5nZ2ktZGliYW5kaW5nLWhhcmdhLWJhcmFuZ9IBggFodHRwczovL2ZpbmFuY2UuZGV0aWsuY29tL2Jlcml0YS1la29ub21pLWJpc25pcy9kLTczNDYzOTIvaW5pLWFsYXNhbi1wYWphay10YXMtZW56eS1zdG9yaWEtbGViaWgtdGluZ2dpLWRpYmFuZGluZy1oYXJnYS1iYXJhbmcvYW1w?oc=5

2024-05-18 05:30:40Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar