Sabtu, 13 April 2024

Arus Balik Malam Ini: One Way-Contraflow Berlaku, Cek Titik-titik Kepadatan - detikNews

Jakarta -

Arus balik libur Lebaran mulai meningkat hari ini. Volume kendaraan yang mengarah kembali ke Jakarta sore ini pun terpantau padat.

Dirangkum detikcom, Sabtu (13/4/2024), Polri dan Jasa Marga juga telah melakukan serangkaian kebijakan rekayasa lalu lintas menghadapi arus balik libur Lebaran. One way hingga contraflow masih menjadi andalan untuk mengurai kemacetan.

One Way Arus Balik Diterapkan

One way arus balik juga telah diterapkan sejak pukul 15.00 WIB. Kebijakan itu diterapkan sejak Km 414 Tol Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cipali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Polisi juga telah melakukan sterilisasi jalur sebelum one way arus balik dimulai. Sterilisasi kendaraan itu dilakukan sejak pukul 13.00 WIB.

Contraflow Km 70-47 Tol Japek Arah Jakarta

Kebijakan rekayasa lalu lintas juga diterapkan di Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek). Polisi dan Jasa Marga menerapkan contraflow.

ADVERTISEMENT
Arus lalu lintas mengarah di Tol Japek arah Jakarta sore ini (Tangkapan layar aplikasi Travoy)Arus lalu lintas mengarah di Tol Japek arah Jakarta sore ini (Tangkapan layar aplikasi Travoy)

"Untuk mengurai peningkatan volume lalu lintas pada periode arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H yang terjadi di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, atas diskresi dari pihak kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melakukan rekayasa lalu lintas kendaraan arah Jakarta," kata Jasa Marga dalam keterangan kepada wartawan.

Jasa Marga mengatakan contraflow diterapkan sejak Km 70 hingga Km 47 Tol Japek arah Jakarta. Contraflow diterapkan di dua lajur.

"Rekayasa lalu lintas yang diberlakukan berupa contraflow dua lajur mulai dari Km 70 sampai Km 47 arah Jakarta ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pukul 14.40 WIB," kata Jasa Marga.

"Terpantau volume lalu lintas kendaraan arah Jakarta pada ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai meningkat," sambungnya.

Titik Kepadatan di Tol TransJawa Sore Ini

Jasa Marga lewat akun X juga menjelaskan sejumlah titik kepadatan di sejumlah Tol TransJawa sore ini. Berikut rinciannya:

18.19 Lalu lintas arah Jawa Tengah/Timur dialihkan keluar di GT Cikopo via Pantura, kemudian melalui jalur arteri. Dampak diberlakukan satu arah Kalikangkung arah Cikampek.

18.18 Tol Palimanan Mundu Km 210-Setupatok Km 208 padat, kepadatan volume lalin. Harjamukti Km 206-Ciperna Km 204 padat, kepadatan volume lalin.

18.12 Tol Jagorawi Simpang Gadog Km 46+500 arah Puncak ditutup sementara. Di jalan arteri Puncak diberlakukan satu arah prioritas turun.

Arus lalu lintas mengarah di Tol Japek arah Jakarta sore ini (Tangkapan layar aplikasi Travoy)Arus lalu lintas mengarah di Tol Japek arah Jakarta sore ini (Tangkapan layar aplikasi Travoy)

17.46 WIB Tol Japek Cikatama Km 71-70 padat, kepadatan volume lalin. Karawang Barat Km 47-46 padat, kepadatan volume lalin. Halim Km 1 arah Cawang padat, kepadatan volume lalin.

17.40 WIB Tol JORR Pondok Pinang-Veteran-Ulujami-Pondok Ranji lancar. Pondok Ranji-Ulujami-Veteran-Pondok Pinang lancar.

17.40 WIB Tol JOOR TMII-Cikunir-Cakung-Rorotan lancar. Rorotan-Cakung-Cikunir-TMII lancar

Di puncak arus balik libur Lebaran nanti, Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas dalam menghadapi kenaikan volume kendaraan yang kembali ke Jakarta. Polisi akan menerapkan contraflow di Tol Dalam Kota.

"Kita akan melakukan contraflow, yaitu dari Pintu Tol Halim yang sudah seperti pagi biasa kita laksanakan. Mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan DPR," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman.

(ygs/imk)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicWh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNzI5MTE3OC9hcnVzLWJhbGlrLW1hbGFtLWluaS1vbmUtd2F5LWNvbnRyYWZsb3ctYmVybGFrdS1jZWstdGl0aWstdGl0aWsta2VwYWRhdGFu0gF1aHR0cHM6Ly9uZXdzLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEvZC03MjkxMTc4L2FydXMtYmFsaWstbWFsYW0taW5pLW9uZS13YXktY29udHJhZmxvdy1iZXJsYWt1LWNlay10aXRpay10aXRpay1rZXBhZGF0YW4vYW1w?oc=5

2024-04-13 11:39:45Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar