Minggu, 02 Juli 2023

Kepercayaan Publik ke Polri Naik, Kompolnas Puji Kapolri Kalem tapi Tegas - detikNews

Jakarta -

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti mengaku tidak menyangka tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri semakin meningkat signifikan. Poengky mengatakan hal itu tidak terlepas dari ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan bersih-bersih di lingkup internal Polri.

"Ternyata saya tidak menyangka ternyata ada kenaikan yang cukup signifikan dan kalau saya melihat terkait dengan keamanan misalnya ini sangat baik karena 63,4% mengapresiasi situasi keamanan di mana Polri ini oleh negara ditunjuk sebagai aparat negara yang bertanggung jawab di bidang keamanan," kata Poengky dalam rilis survei Indikator Politik Indonesia secara virtual, Minggu (2/7/2023).

"Kami melihat ini karena Pak Kapolri ya, kalem tapi tegas ini Pak Listyo Sigit Prabowo dan juga kalau kita bandingkan ketika survei Agustus 2022 pascakasus FS ini kondisi 54% terus kemudian segera naik," sambungnya.

Poengky mengatakan kasus yang turut menyeret mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dan mantan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Teddy Minahasa membuat semua anggota Polri turut terdampak. Padahal, kata Poengky, sejatinya, banyak anggota Polri yang baik dan bekerja sangat bagus.

"Karena sesungguhnya banyak anggota Polri yang baik, dari 470 ribu orang anggota Polri semuanya terdampak dengan kasus Ferdy Sambo ini, sehingga yang lain-lain juga merasa kami sudah bekerja dengan cukup bagus," kata Poengky.

Beruntungnya, kata Poengky, Kapolri Sigit mampu membakar semangat seluruh anggota Polri untuk meraih kembali kepercayaan masyarakat. Hal itu, kata Poengky, terbukti dari hasil survei Indikator yang menyatakan kurang dari setahun Polri berhasil memulihkan citranya.

"Untungnya dengan semangat dari Pak Kapolri dan juga semangat dari seluruh anggota Polri untuk kemudian pingin bersama-sama meningkatkan citra positif Polri ini kemudian memunculkan rasa kepercayaan masyarakat," kata Poengky.

Tingkat Kepercayaan ke Polri Naik Jadi 76,4%

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei tingkat kepercayaan terhadap lembaga penegak hukum. Hasilnya, tingkat kepercayaan publik ke Polri meningkat menjadi 76,4%.

Survei ini digelar pada 20-24 Juni 2023 terhadap 1.220 responden. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka oleh pewawancara yang terlatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Baca halaman selanjutnya soal hasil survei kepercayaan publik terhadap Polri>>

Simak Video 'Survei Indikator: Tingkat Kepercayaan Terhadap Polri Naik 76,4%':

[Gambas:Video 20detik]

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicGh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNjgwMjIzMS9rZXBlcmNheWFhbi1wdWJsaWsta2UtcG9scmktbmFpay1rb21wb2xuYXMtcHVqaS1rYXBvbHJpLWthbGVtLXRhcGktdGVnYXPSAXRodHRwczovL25ld3MuZGV0aWsuY29tL2Jlcml0YS9kLTY4MDIyMzEva2VwZXJjYXlhYW4tcHVibGlrLWtlLXBvbHJpLW5haWsta29tcG9sbmFzLXB1amkta2Fwb2xyaS1rYWxlbS10YXBpLXRlZ2FzL2FtcA?oc=5

2023-07-02 10:29:20Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar