Jumat, 01 Mei 2020

Trump Tak Komentari Kemunculan Perdana Kim Jong-un ke Publik - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump memilih menolak mengomentari kabar kemunculan perdana kembalinya Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un ke hadapan publik.

"Ya, saya lebih memilih untuk belum mengomentari (kemunculan kembalinya Kim). Kami akan menyampaikan sesuatu tentang hal itu pada waktu yang tepat," ujar Trump saat dimintai respons soal kabar kemunculan perdana Kim ke publik seperti mengutip Associated Press.

Alih-alih mengomentari kabar kemunculan perdana Kim, Trump justru mengatakan jika ia akan menghabiskan akhir pekan dengan pergi ke Camp David untuk bekerja.


Kantor berita Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA) mengabarkan Kim kembali tampil ke hadapan publik saat pembukaan pabrik pupuk fosfat pada Jumat (1/5). Kemunculan kembali Kim sontak digambarkan mendapat sambutan hangat dari orang-orang yang berada di sana.

"Dalam kesempatan tersebut, Kim dengan penuh emosi mengatakan bahwa kakeknya Kim Il-sung dan ayahnya Kim Jong-il akan sangat senang jika mengetahui bahwa pabrik pupuk fosfat modern telah dibangun di Korea Utara," tulis KCNA seperti dilansir AFP.

Infografis Perang Mulut Trump dan Kim Jong-un(CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)
Kabar kemunculannya ini sekaligus menepis rumor yang mengatakan jika ia kritis usai menjalani operasi jantung pada pertengahan April lalu.

Daily NK, outlet media daring yang sebagian besar dijalankan oleh para pembelot Korea Utara, telah melaporkan Kim sedang menjalani perawatan setelah prosedur kardiovaskular di Hyangsan Medical Center.

Menyoal laporan simpang siur kondisi kesehatan Kim, Trump sempat menyampaikan jika hal itu sebagai kabar salah.

"Saya rasa laporan tersebut tidak benar, biarkan saya mengatakannya demikian. Saya dengar mereka (Korea Utara) menggunakan dokumen-dokumen lama (soal kondisi kesehatan Kim)," ujar Trump kepada media di Gedung Putih, Kamis (23/4) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Trump menolak mengatakan jika memiliki informasi langsung dari pihak Korea Utara yang mengatakan bahwa Kim dalam kondisi baik-baik saja.

Sebelum hilang dari publik, Kim terlihat ketika memimpin rapat politbiro Partai Pekerja Korut pada 11 April. (AP/evn)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMigQFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL2ludGVybmFzaW9uYWwvMjAyMDA1MDIwNjA0MjAtMTEzLTQ5OTM1Mi90cnVtcC10YWsta29tZW50YXJpLWtlbXVuY3VsYW4tcGVyZGFuYS1raW0tam9uZy11bi1rZS1wdWJsaWvSAQA?oc=5

2020-05-01 23:42:00Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar