Selasa, 25 Juni 2024

PKS Usung Anies-Shohibul Iman, Demokrat Istikamah Bareng KIM - detikNews

Jakarta -

PKS mengusung Anies Baswedan dan kadernya Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta. Partai Demokrat menilai wajar PKS mengajukan kadernya untuk diduetkan dengan mantan gubernur Jakarta tersebut.

"Kami menghormati hak politik dan kedaulatan setiap partai dalam menentukan sikap politiknya. Termasuk sikap dan keputusan politik PKS yang mengajukan kader utamanya Pak Sohibul Iman maju pada Pilgub Jakarta sebagai cawagub," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, saat dihubungi, Selasa (25/6/2024).

"Sebagai pemenang pemilu di Jakarta tentu saja menjadi sangat wajar jika kemudian PKS mengajukan kadernya sebagai calon, meskipun masih harus membangun koalisi agar dapat berlayar karena tak satu pun partai di Jakarta yang bisa berlayar sendiri," lanjutnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kamhar menuturkan Demokrat konsisten bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilkada Jakarta. Dia menyebut sejumlah nama kader Demokrat diikhtiarkan untuk maju menjadi cawagub Jakarta bersama cagub usungan KIM.

"Untuk Pilgub Jakarta, Partai Demokrat telah berketetapan hati dan senantiasa istikamah bersama Koalisi Indonesia Maju. Memang masih dinamis untuk penentuan Cagubnya, namun pada bursa Cawagub kami mengikhtiarkan kader Partai Demokrat sebagai pendamping siapapun nanti yang diputuskan KIM sebagai Cagub. Apakah Kang Emil atau ada nama lain lagi? Kita tunggu saja," ucapnya.

ADVERTISEMENT

Sejumlah nama itu yakni Wasekjen Demokrat Jansen Sitindaon dan Ketua DPD Demokrat Jakarta, Mujiono. Selain itu ada nama anggota DPRD DKI fraksi Demokrat Ali Suharli.

"Di bursa Cawagub kami mengajukan Bung Jansen Sitindaon Wasekjen DPP Partai Demokrat, Mujiono Anggota DPRD DKI Jakarta 4 periode yang juga sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Jakarta dan Bung Ali Suharli Anggota DPRD DKI Jakarta 2 periode," imbuhnya.

PKS Usung Anies-Sohibul

PKS sebelumnya mengumumkan bahwa pihaknya akan mengusung Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub Jakarta. Usulan duet tersebut berasal dari DPW PKS DKI, kemudian diputuskan di Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS.

"Oleh karena itu DPP PKS mempertimbangkan usulan dari struktur DPW PKS DKI Jakarta, juga mendengarkan dari berbagai masukan para tokoh ulama habaib, tokoh-tokoh lintas agama bahkan yang datang ke DPP PKS, para agamawan, para cendekiawan serta masyarakat di DKI Jakarta," kata Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, di Jakarta, Selasa (25/6).

"Maka Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapat di hari Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur," imbuhnya.

Saksikan Live DetikPagi:

Simak Video 'PD Ungkap Kesepakatan KIM di Pilkada: RK di Jakarta, Dedi Mulyadi Jabar':

[Gambas:Video 20detik]

(dek/dnu)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiY2h0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzQwODgxOS9wa3MtdXN1bmctYW5pZXMtc2hvaGlidWwtaW1hbi1kZW1va3JhdC1pc3Rpa2FtYWgtYmFyZW5nLWtpbdIBZ2h0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzQwODgxOS9wa3MtdXN1bmctYW5pZXMtc2hvaGlidWwtaW1hbi1kZW1va3JhdC1pc3Rpa2FtYWgtYmFyZW5nLWtpbS9hbXA?oc=5

2024-06-26 01:31:43Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar