Senin, 24 Juni 2024

Ada Rp 500 Juta di Balik Foto Viral SYL-Firli di GOR Badminton - detikNews

Jakarta -

Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengaku memberikan Rp 1,3 miliar ke mantan Ketua KPK Firli Bahuri. Uang itu diberikan secara bertahap, salah satunya diberikan di lapangan badminton yang fotonya viral di media sosial.

Pengakuan itu disampaikan SYL saat diperiksa sebagai saksi untuk terdakwa lain dalam kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi di Kementan, yakni Sekjen Kementan nonaktif Kasdi Subagyono dan mantan Direktur Kementan M Hatta di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (24/6/2024).

Awalnya, ketua majelis hakim Rianto Adam Pontoh bertanya ke SYL soal pertemuannya dengan Firli Bahuri di sebuah lapangan badminton di kawasan Jakarta Pusat. SYL mengatakan dia diundang oleh Firli untuk datang ke GOR badminton tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pada persidangan yang lalu juga terungkap bahwa saudara ada komunikasi tadi saudara sudah menjelaskan atas pertanyaan saya juga, ada penyelidikan dari KPK sehubungan dengan ini, kemudian saudara menjumpai beberapa kali sampai ada berita, bahwa saudara menjumpai Katua KPK, Pak Firli bahuri. Yang viral itu pada saat pertemuan saudara di GOR yang ada fotonya. Apa maksud saudara mau ketemu dengan Ketua KPK Firli Bahuri itu? Kalau memang saudara benar-benar tidak tahu waktu itu, apa maksud saudara ketemu dengan Pak Firli Bahuri?" tanya hakim.

"Pak Firli hanya mengundang saya untuk datang GOR itu, untuk menyaksikan, atau ikut bermain bulu tangkis. Intinya seperti itu yang pertama saya pahami," jawab SYL.

ADVERTISEMENT

"Kemudian ada pertemuan lagi kalau dilihat dari BAP saudara di Rumah Kertanegara?" tanya hakim.

"Betul. Kemudian, beliau menyampaikan bahwa nanti ngobrolnya lebih enak di rumah saya. Dia belum sampaikan di Kertanegara," jawab SYL.

Sebagai informasi, Firli menyewa rumah di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Rumah itu disewa Firli untuk tempatnya beristirahat. Firli sendiri berdomisili di Bekasi, Jawa Barat.

Hakim lalu mencecar SYL terkait tujuan pertemuan tersebut. SYL mengatakan tak ada penyampaian terkait penyelidikan kasus gratifikasi dan pemerasan oleh KPK di Kementan.

"Yang saudara bicarakan dengan Pak Firli Bahuri itu masalah apa? Apa ada hubungannya dengan penyelidikan KPK di Kementerian Pertanian?" tanya hakim.

"Secara umum tidak ada penyampaian seperti itu," jawab SYL.

Hakim kemudian bertanya soal penyerahan uang ke Firli di lapangan badminton tersebut. SYL mengakui menyerahkan uang Rp 500 juta ke Firli.

"Keterangan, saya ingatkan saudara lagi, keterangan Panji waktu itu, ada pengumpulan uang ya, dan pada saat pertemuan di GOR itu ada penyerahan uang tapi dari ajudan ke ajudan, Panji ke Kevin ajudannya Pak Firli, apa saudara mengetahui itu ada pemberian sejumlah uang?" tanya hakim.

"Tahu, Yang Mulia," jawab SYL.

"Benar ada itu ya?" tanya hakim.

"Benar, Yang Mulia," jawab SYL.

"Itu yang di GOR?" tanya hakim.

"Di GOR," jawab SYL.

"Berapa uangnya waktu itu?" tanya hakim.

"Saya tidak tahu persis jumlahnya, tetapi saya perkirakan di sekitar 500-an," jawab SYL.

"Rp 500 juta?" tanya hakim.

"Iya, tapi dalam bentuk dana valas," jawab SYL.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Live DetikPagi:

Saksikan Video 'Suara Bergetar SYL di Sidang Kala Merasa Bukan Suami-Ayah yang Baik':

[Gambas:Video 20detik]

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiZmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNzQwNzEyNi9hZGEtcnAtNTAwLWp1dGEtZGktYmFsaWstZm90by12aXJhbC1zeWwtZmlybGktZGktZ29yLWJhZG1pbnRvbtIBamh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNzQwNzEyNi9hZGEtcnAtNTAwLWp1dGEtZGktYmFsaWstZm90by12aXJhbC1zeWwtZmlybGktZGktZ29yLWJhZG1pbnRvbi9hbXA?oc=5

2024-06-25 03:05:31Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar