Senin, 20 Mei 2024

Militer Iran Usut Penyebab Helikopter Presiden Raisi Jatuh - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Staf Militer Iran Mohammad Bagheri memerintahkan penyelidikan penyebab jatuhnya helikopter yang menewaskan Presiden Ebrahim Raisi dan rombongannya pada Senin (20/5).

Bagheri memerintahkan "sebuah komite tingkat tinggi untuk meluncurkan penyelidikan mengenai penyebab jatuhnya helikopter presiden" yang terjadi pada Minggu (19/5), kantor berita ISNA melaporkan, dikutip dari AFP.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu anggota Dewan Keamanan PBB mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang Presiden Iran Ebrahim Raisi dan rombongannya yang tewas dalam kecelakaan helikopter.

Duta Besar Mozambik Pedro Comissario Afonso, yang memegang jabatan presiden bergilir DK PBB pada bulan Mei, meminta para anggota untuk berdiri dan tetap diam "mengingat hilangnya nyawa dalam kecelakaan yang menimpa Presiden Republik Islam Iran Ebrahim Raisi".

ADVERTISEMENT

Presiden Iran Ebrahim Raisi dinyatakan meninggal dunia usai helikopter yang mengangkutnya bersama delapan orang lain jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur, utara Iran, pada Minggu (19/5) waktu setempat.

Selain Raisi, helikopter itu juga membawa Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, imam salat Jumat Tabriz Imam Mohammad Ali Alehashem, seorang pilot, kopilot, kepala kru, kepala keamanan, dan pengawal lainnya.

Sejumlah laporan media lokal menuturkan helikopter kemungkinan menabrak bukit. Namun, laporan itu belum dikonfirmasi pihak berwenang.

Kecelakaan terjadi usai Raisi menghadiri peresmian bendungan di perbatasan bersama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Lokasi helikopter jatuh juga hanya beberapa kilometer dari situs bendungan, tepatnya di sebuah wilayah pedalaman dekat Area Dizmar Dilindungi.

Ada tiga helikopter termasuk yang mengangkut Raisi terbang bersama-sama. Helikopter Raisi jatuh, sementara dua heli lainnya mengangkut pejabat serta menteri lain berhasil selamat sampai tujuan.

(AFP/fra)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMigAFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL2ludGVybmFzaW9uYWwvMjAyNDA1MjAyMjQyMjMtMTIwLTExMDAxNDIvbWlsaXRlci1pcmFuLXVzdXQtcGVueWViYWItaGVsaWtvcHRlci1wcmVzaWRlbi1yYWlzaS1qYXR1aNIBhAFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL2ludGVybmFzaW9uYWwvMjAyNDA1MjAyMjQyMjMtMTIwLTExMDAxNDIvbWlsaXRlci1pcmFuLXVzdXQtcGVueWViYWItaGVsaWtvcHRlci1wcmVzaWRlbi1yYWlzaS1qYXR1aC9hbXA?oc=5

2024-05-20 16:15:40Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar