Senin, 04 Maret 2024

PSI Balas Anies soal Suara Naik di Sirekap Disorot: Kejahatan Apa? - detikNews

Jakarta -

Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan meminta seluruh rakyat agar ikut mengawasi proses perhitungan suara saat merespons soal suara PSI yang kini naik mencapai 3,13% versi Sirekap. PSI setuju agar proses perhitungan dikawal.

"Setuju banget mari dipantau bersama," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie kepada wartawan, Senin (4/3/2024).

Sementara itu, jubir PSI Sigit Widodo heran dengan pernyataan Anies yang menyinggung kejahatan saat membicarakan proses rekapitulasi itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya tidak paham dengan tudingan Pak Anies. Ada kejahatan apa?" kata Sigit.

Sigit mengatakan pihaknya tidak melihat adanya kecurangan dalam proses Pemilu 2024. Dia mengajak semua pihak menghormati proses tahapan pemilu yang masih dijalankan para penyelenggara pemilu.

"Kami tidak melihat ada kecurangan dalam proses Pemilu 2024. Seluruh penyelenggara pemilu telah bekerja keras dan harus kita hormati seluruh proses yang berjalan tanpa menyebarkan tuduhan-tuduhan yang tidak berdasar," kata Sigit.

Anies sebelumnya merespons soal suara PSI yang kini mencapai 3,13% versi rekapitulasi perhitungan sementara KPU di Sirekap. Anies meminta seluruh rakyat agar ikut mengawasi proses perhitungan suara.

"Ini unsur rakyat untuk memantau ,mengawasi. Saya sudah katakan jauh sebelum pemilu. Datang ke TPS, awasi. Sekarang saatnya seluruh rakyat mengawasi, karena kejahatan itu takut transparansi, tidak ada kejahatan yang berani terhadap transparansi," kata Anies di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, Minggu (3/3).

Anies mengatakan proses perhitungan suara itu harus dijaga betul validitasnya. Dia menekankan pemilu yang telah terlaksana harus menjadi pemilu yang membanggakan.

"Kalau memang ada, suaranya harus dilindungi. Kalau memang tidak ada, suaranya jangan diada-adakan. Dan pemilu kita harus jadi pemilu yang membanggakan, jangan jadi pemilu yang memalukan," tutur Anies.

Lihat juga Video: Respons Jokowi soal Wacana Hak Angket Terkait Pilpres

[Gambas:Video 20detik]

(fca/rfs)

Cek Real Count KPU Pilpres Pileg 2024

Lihat hasil hitung suara nasional dan persebaran per wilayah hanya di detikpemilu.com!

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiaGh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzIyNDgxMi9wc2ktYmFsYXMtYW5pZXMtc29hbC1zdWFyYS1uYWlrLWRpLXNpcmVrYXAtZGlzb3JvdC1rZWphaGF0YW4tYXBh0gFsaHR0cHM6Ly9uZXdzLmRldGlrLmNvbS9wZW1pbHUvZC03MjI0ODEyL3BzaS1iYWxhcy1hbmllcy1zb2FsLXN1YXJhLW5haWstZGktc2lyZWthcC1kaXNvcm90LWtlamFoYXRhbi1hcGEvYW1w?oc=5

2024-03-04 10:12:05Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar