Selasa, 31 Oktober 2023

Puan soal Status Gibran di PDIP: Baik-baik Saja, Sudah Cawapres Mas Prabowo - detikNews

Jakarta -

Ketua DPP PDIP Puan Maharani berbicara terkait status Wali Kota Surakarta (Solo) Gibran Rakabuming Raka di PDIP. Puan hanya menjawab baik-baik saja dan menyebut Gibran kini berstatus cawapres yang mendampingi Prabowo Subianto.

"Baik-baik saja, sudah jadi cawapresnya Mas Prabowo," ujar Puan di gedung DPR, Senayan, Selasa (31/10/2023).

Puan tidak menjelaskan lebih lanjut terkait status Gibran di PDIP. Dia hanya mengatakan saat ini Gibran telah menjadi cawapres Prabowo Subianto.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang saya bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, Mas Gibran cawapres Mas Prabowo," tuturnya.

Sebagai informasi, duet Prabowo-Gibran telah mendaftar ke KPU. Duet ini diusung oleh Koalisi Indonesia Maju, yang terdiri atas Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PBB, Garuda, Gelora, PSI, dan Prima.

Sementara itu, PDIP mengusung duet Ganjar Pranowo dan Mahfud Md untuk Pilpres 2024. Duet ini diusung PDIP bersama PPP, Perindo, dan Hanura.

Gibran selama ini merupakan kader PDIP. Setelah resmi menjadi bakal cawapres mendampingi Prabowo, Gibran disebut telah melakukan pembangkangan terhadap PDIP.

"Saya gagal. Di beberapa hal saya gagal. Termasuk misalnya pembangkangan Mas Gibran, misalnya," kata Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dalam diskusi Ganjar Center di Matraman, Jakarta.

Djarot mengatakan selalu menyuarakan dan menanamkan tiga hal kepada para kader, yakni disiplin, loyal, dan ikhlas.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah juga menyebut Gibran telah melakukan pembangkangan. Dia menegaskan kader PDIP harus patuh terhadap keputusan partai terkait capres-cawapres.

"Maka secara konstitusi partai, secara aturan partai, dia telah melakukan pembangkangan, telah melakukan sesuatu yang berbeda dengan garis keputusan partai. Maka dengan sendirinya, di atas hukum, ada etika politik. Maka ketika Mas Gibran mengambil keputusan keluar dari garis keputusan politik Pilpres 2024 dengan mencalonkan dirinya sebagai bakal calon wakil presiden," ujar Basarah.

Gibran kemudian buka suara. Dia mempersilakan para seniornya di PDIP itu menilai.

"Ya monggo, biar beliau yang menilai," kata Gibran seusai kunjungan di Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (29/10).

(amw/haf)

Pantau Pemilu

Kenali, pantau hingga sampaikan aspirasi tentang tokoh favoritmu di bursa Pemilu 2024. Cek rekam jejak, profil, hingga berita terkini mereka sekarang!

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicWh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzAxMTM1MS9wdWFuLXNvYWwtc3RhdHVzLWdpYnJhbi1kaS1wZGlwLWJhaWstYmFpay1zYWphLXN1ZGFoLWNhd2FwcmVzLW1hcy1wcmFib3dv0gF1aHR0cHM6Ly9uZXdzLmRldGlrLmNvbS9wZW1pbHUvZC03MDExMzUxL3B1YW4tc29hbC1zdGF0dXMtZ2licmFuLWRpLXBkaXAtYmFpay1iYWlrLXNhamEtc3VkYWgtY2F3YXByZXMtbWFzLXByYWJvd28vYW1w?oc=5

2023-10-31 04:53:49Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar