Sabtu, 28 Oktober 2023

Faldo soal Isu 3 Periode: Saya Dengar Ada Ketegangan di Internal Elite PDIP - detikNews

Jakarta -

Stafsus Mensesneg Faldo Maldini buka suara soal isu presiden 3 periode yang diungkit PDIP. Faldo mengaku mendengar adanya ketegangan di PDIP sehingga isu tersebut dibongkar dan muncul perbedaan pandangan antar-elite.

"Saya mendengar ada dugaan ketegangan internal di PDI Perjuangan. Makanya, elite yang satu beda pendapat sama yang lain. Kami melihat tanda-tandanya. Aneh juga isu begini diungkit lagi, sudah basi," kata Faldo kepada wartawan, Sabtu (28/10/2023).

Faldo mengatakan ada kubu yang ingin menyerang Jokowi, namun ada juga yang menghormati pilihan keluarga Jokowi. Faldo menyebut dua kelompok inilah yang sedang bersitegang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ada kubu yang melakukan pembusukan terhadap Presiden Jokowi, tapi ada juga yang menghormati pilihan Presiden ataupun keluarga Pak Jokowi. Perang dua kelompok ini semakin terbuka," ujarnya.

Lebih lanjut, soal isu 3 periode yang diungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto atas permintaan 'Pak Lurah' bisa saja karangan. Dia menilai Jokowi tidak akan baper dengan isu tersebut.

"Menurut saya, cerita tolak permintaan tiga periode bisa dikarang-karang. Intinya bukan itu. Itu yang saya dengar, bisa salah. Intinya, kami yakin dari dulu Pak Jokowi tidak baper soal politik, lawan tarungnya saja dirangkul. Apalagi, dituduhkan isu yang rasa-rasanya tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucapnya.

Sebelumnya, Hasto buka suara soal isu perpanjangan masa jabatan presiden jadi 3 periode. Dia mengatakan isu itu benar adanya. Dia bahkan bercerita pernah mendengar isu tersebut atas permintaan 'Pak Lurah'.

"Jadi saya sendiri mengalami itu. Jadi ketika saya sedang nyekar di makam Bung Karno, Blitar, tiba-tiba muncul berita salah satu menteri yang mengatakan, berdasarkan big data-nya, itu ada cukup banyak yang mendorong perpanjangan jabatan atau tiga periode," kata Hasto setelah menghadiri deklarasi Yenny Wahid mendukung Ganjar-Mahfud di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (27/10).

"Sebelumnya, saya bertemu dengan menteri tersebut, dan dikonfirmasi bahwa sikap-sikap ketua umum beberapa partai yang menyuarakan itu, saat itu dikatakan ya sebagai permintaan Pak Lurah, kami mendengar itu," lanjut Hasto.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan pernyataan politikus PDIP Adian Napitupulu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tentang isu tiga periode tidak saling bertentangan. Basarah pun memberikan penjelasannya.

"Saya uraikan pernyataan Mbak Puan saat menjelaskan tentang tiga periode itu adalah pertanyaan tentang apakah Pak Jokowi pernah secara langsung meminta kepada Ibu Mega untuk mengubah konstitusi dari masa periode dua periode menjadi tiga periode," kata Basarah kepada wartawan di Sekolah Kader PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (28/10/2023).

Basarah mengatakan Puan menjawab konten yang dilihatnya. Dia lalu menyebut Puan tidak pernah mendengar Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta langsung untuk perubahan masa jabatan menjadi tiga periode.

"Pernyataan Mbak Puan itu benar, memang Pak Jokowi tidak pernah secara langsung menyampaikan keinginannya untuk meminta kepada Ibu Megawati mengubah UUD 1945 dari dua periode menjadi tiga periode," sebutnya.

Kemudian, lanjutnya, Adian juga menjelaskan melalui pernyataannya bahwa isu tersebut muncul dari orang yang membantu Jokowi. Hal itu, menurutnya, bisa dilihat melalui jejak digital yang ada.

"Saya kira di Google kita bisa lihat rekam jejak digitalnya, banyak pejabat-pejabat pemerintahan Presiden Jokowi yang menyampaikan gagasannya, keinginannya, untuk mengubah masa jabatan presiden dari dua periode menjadi tiga periode," ungkapnya.

Kemudian menurut Basarah, Hasto juga mengkonfirmasi tentang pengalamannya terkait hal tersebut. Bahwa adanya pejabat pemerintah Jokowi yang menyampaikan keinginannya menjadi tiga periode masa jabatan presiden.

Tonton juga Video: Momen Ganjar Dapat Kejutan Ultah di Sekolah Partai PDIP

[Gambas:Video 20detik]

(eva/idh)

Pantau Pemilu

Kenali, pantau hingga sampaikan aspirasi tentang tokoh favoritmu di bursa Pemilu 2024. Cek rekam jejak, profil, hingga berita terkini mereka sekarang!

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzAwNjk2NC9mYWxkby1zb2FsLWlzdS0zLXBlcmlvZGUtc2F5YS1kZW5nYXItYWRhLWtldGVnYW5nYW4tZGktaW50ZXJuYWwtZWxpdGUtcGRpcNIBdmh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vcGVtaWx1L2QtNzAwNjk2NC9mYWxkby1zb2FsLWlzdS0zLXBlcmlvZGUtc2F5YS1kZW5nYXItYWRhLWtldGVnYW5nYW4tZGktaW50ZXJuYWwtZWxpdGUtcGRpcC9hbXA?oc=5

2023-10-28 10:29:45Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar