Selasa, 20 Juni 2023

Unsur Pidana Kasus Kebocoran Dokumen KPK Diungkap Kapolda Metro Jaya - detikNews

Jakarta -

Kasus dugaan kebocoran dokumen KPK dalam penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya telah naik penyidikan. Polda Metro Jaya menyatakan ada unsur pidana dalam kebocoran dokumen KPK tersebut.

Hal tersebut diungkap Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. Karyoto yang juga mantan Direktur Penindakan di KPK mengaku sedikit banyak tahu terkait kebocoran dokumen KPK tersebut.

Ada Unsur Pidana

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengonfirmasi bahwa kasus kebocoran dokumen KPK kini telah naik ke tahap penyidikan. Karyoto mengatakan ada unsur pidana terkait kebocoran dokumen KPK tersebut.

"Memang setelah dilakukan pemeriksaan awal, ada beberapa pihak-pihak yang diklarifikasi, kami memang sudah menemukan adanya peristiwa pidana," kata Irjen Karyoto di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Bukti-bukti Dokumen KPK Bocor

Karyoto menyampaikan pihaknya memiliki bukti adanya peristiwa pidana dalam kasus ini. Salah satunya, adanya pihak lain yang mengetahui kasus yang masih dalam proses penyelidikan KPK itu.

"Artinya, barang yang tadinya rahasia menjadi tidak rahasia ketika sudah dipegang oleh pihak-pihak yang menjadi objek penyelidikan," ujar Karyoto.

Mantan Deputi Penindakan KPK itu menyatakan saat ini pihaknya masih terus mengusut kasus tersebut. Kini, lanjut Karyoto, perkara itu telah naik ke tahap penyidikan.

"Kan sudah ada peristiwa pidana, berarti kami menemukan ada peristiwa pidana. Sehingga kami melakukan dengan surat perintah penyidikan," tuturnya.


Baca di halaman selanjutnya: Karyoto sedikit-banyak tahu soal kasus kebocoran dokumen KPK....

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMibGh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNjc4Mzk3Ny91bnN1ci1waWRhbmEta2FzdXMta2Vib2NvcmFuLWRva3VtZW4ta3BrLWRpdW5na2FwLWthcG9sZGEtbWV0cm8tamF5YdIBcGh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNjc4Mzk3Ny91bnN1ci1waWRhbmEta2FzdXMta2Vib2NvcmFuLWRva3VtZW4ta3BrLWRpdW5na2FwLWthcG9sZGEtbWV0cm8tamF5YS9hbXA?oc=5

2023-06-21 00:49:54Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar