Minggu, 18 September 2022

Ditanya Nyapres, Anies: Ada Panggilan Tugas Karang Taruna Saja Saya Terima - detikNews

Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali angkat bicara soal pernyataan siap menjadi calon presiden (capres) 2024. Anies berbicara mengenai panggilan tugas.

Anies awalnya menekankan dirinya ingin menuntaskan kewajibannya sebagai Gubernur hingga 16 Oktober mendatang. Akan tetapi, Anies mengaku siap apabila menerima penggilan tugas sebagai Capres 2024 mendatang. Dia mengibaratkannya dengan penugasan dari Ketua RT untuk menjadi pembina Karang Taruna.

"Jadi gini saja, saya tuntaskan pekerjaan di Jakarta sampai 16 Oktober. Dan prinsip saya selama ini sama. Ketika ada panggilan tugas, RT saja manggil saya untuk tugas di kampung saya jadi pembina untuk Karang Taruna, saya terima tugas itu," kata Anies Baswedan usai meresmikan Revitalisasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022).

Anies memandang 'panggilan tugas' itu merupakan hal yang normal terjadi. Kendati begitu, kata dia, panggilan tugas itu di luar kendalinya sebagai seorang yang tidak berafiliasi dengan parpol mana pun.

"Jadi panggilan tugas itu adalah sesuatu yang normal setiap kali ada panggilan tugas yaitu untuk kebaikan masyarakat, untuk kebaikan semua, maka selalu saya katakan siap. Dan itu di luar kendali saya panggilannya. Kalau di kampung, Pak RT yang mutusin," ujarnya.

Eks Mendikbud itu juga mengaku sampai saat ini dirinya belum menerima panggilan dari parpol. Dia lantas meminta agar menuntaskan pekerjaan sebagai gubernur sebelum mempersiapkan langkah selanjutnya.

"Di tingkat nasional ada yang punya kewenangan, saya saat ini menuntaskan itu, bila nanti ada panggilan ditunggu kalau memang, sekarang belum ada panggilannya, iya kan? Belum ada kan? Kita tunggu," terangnya.

"Jadi saya tuntaskan dulu sampai selesai, setelah itu selesai, jangan dibalik, seakan-akan saya adalah orang yang menjalankan tugas, kemarin saya ditugaskan di Jakarta, saya tugaskan dengan baik. Alhamdulillah sudah 4 tahun 11 bulan, tinggal satu bulan lagi persis nih, pada tanggal ini, bulan ini, setelah itu selesai baru kita siapkan berikut," tambahnya.

Anies Baswedan diketahui menyatakan dirinya siap menjadi calon Presiden 2024. Dia mengaku siap nyapres jika ada partai yang mengusungnya.

Hal itu disampaikan Anies saat diwawancarai oleh Reuters di Singapura. Reuters memuat pernyataan Anies dalam artikel berjudul 'Popular governor of Indonesian capital 'prepared' to run for president'.

"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," kata Anies dalam sebuah wawancara di Singapura seperti dilansir dari Reuters, Jumat (16/9).

Dia menambahkan dirinya tidak menjadi anggota partai memungkinkan 'ruang untuk berkomunikasi dengan semua faksi'. Anies juga bicara soal hasil survei terhadap dirinya.

"Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," kata Anies.

(aik/aik)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMicGh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNjI5ODYxMi9kaXRhbnlhLW55YXByZXMtYW5pZXMtYWRhLXBhbmdnaWxhbi10dWdhcy1rYXJhbmctdGFydW5hLXNhamEtc2F5YS10ZXJpbWHSAXRodHRwczovL25ld3MuZGV0aWsuY29tL2Jlcml0YS9kLTYyOTg2MTIvZGl0YW55YS1ueWFwcmVzLWFuaWVzLWFkYS1wYW5nZ2lsYW4tdHVnYXMta2FyYW5nLXRhcnVuYS1zYWphLXNheWEtdGVyaW1hL2FtcA?oc=5

2022-09-18 12:45:03Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar