Jumat, 01 Mei 2020

Kim Jong Un is Back, Ini Kabar Terbaru Resmi dari Korut - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un akhirnya muncul di depan umum. Ini adalah pertama kalinya sejak dirinya hilang 20 hari yang lalu.

Dikabarkan AFP, Kim datang untuk memotong pita pembukaan sebuah pabrik pupuk baru. "Kim menghadiri upacara pada Jumat (1/5/2020) dan semua bersorak horai," tulis media tersebut mengutip KCNA, kantor berita Korut.


Kim juga disebut sempat memeriksa fasilitas dan memberi pengarahan tentang proses produksi. Kim berkata, tulis KCNA dengan penuh emosi bahwa kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong Il, pasti akan senang dengan pembanginan pabrik pupuk modern tersebut.

Hal senada juga ditulis media Korut lain Rodong Sinmun. Bahkan media itu memperlihatkan sejumlah gambar kemunculan Kim.

Foto tersebut memperlihatkan bagaimana Kim baik-baik saja saat mengunjungi pabrik yang berada di Sunchon, dekat ibu kota Pyongyang. Ia ditemani adiknya Kim Yo Jong.

Sebelumnya, Kim tak jua muncul ke publik sejak memimpin rapat politbiro Partai Pekerja pada 11 April. Ia absen pada 15 April di hari perayaan kelahiran kakek dan ayahnya, Kim Il Sung dan Kim Jong Il.

Beberapa media mengabarkan ia menjalankan operasi jantung, kritis dan meninggal. Namun sejumlah negara membantah hal tersebut.

Tetangga terdekat Korut, Korea Selatan (Korsel) mengatakan Kim masih hidup. "Tak ada gerakan mencurigakan sejauh ini yang terdeteksi," kata Juru Bicara Kepresidenan Korsel Moon Chung-in.

Korsel pun mengatakan Kim ada di Wonsan, sebuah kota resor di Timur Korut. Hal ini kemudian dibuktikan dengan bukti foto satelit di mana kereta kepresidenan dan kapal mewah Kim menunjukkan pergerakan.

Trump juga mengonfirmasi kabar Kim. Ia mengatakan Kim masih hidup.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMicWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL25ld3MvMjAyMDA1MDIwNzI1MjgtNC0xNTU3NjUva2ltLWpvbmctdW4taXMtYmFjay1pbmkta2FiYXItdGVyYmFydS1yZXNtaS1kYXJpLWtvcnV00gEA?oc=5

2020-05-02 00:30:56Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar