Rabu, 09 Oktober 2019

Stasiun Gambir Tak Layani Kereta Api Jarak Jauh Akhir 2021 - Kompas.com - Megapolitan Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan Angkutan Kereta Api (KA) jarak jauh yang beroperasi di Stasiun Gambir, Jakarta, akan dipindahkan ke Stasiun Manggarai mulai akhir 2021.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Supandi mengatakan, perpindahan itu menunggu proyek revitalisasi Stasiun Manggarai selesai.

"Iya konsepnya seperti itu akhir 2021 (KA jarak jauh) dipindahkan ke Manggarai. Jadi pembangunan stasiun Manggarai itu kan salah satu proyek double double track Manggarai-Cikarang, itu akan dibangun untuk meningkatkan kapasitas," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/10/2019).

Baca juga: Mulai 5 Oktober, Stasiun Manggarai Layani KA Bandara Soekarno-Hatta

Ia mengatakan, perpindahan ini dilakukan karena Stasiun Manggarai lebih memungkinkan untuk dikembangkan kapasitas pelayanan dibandingkan Stasiun Gambir.

"Jadi ini lebih mudah dikembangkan daripada di stasiun Gambir yang sudah mentok seperti itu. Apalagi Stasiun Gambir kan masuk ring 1," ujar Supandi.

Baca juga: Layani Perjalanan dari Stasiun Manggarai, Ini Harapan Menhub untuk KA Bandara

Nantinya jalur KA jarak jauh akan berada di lantai 2 bersama jalur KRL Bogor Line. Sedangkan di lantai 1 akan ditempati KRL Bekasi Line dan KA Bandara.

Di kedua lantai ini memiliki jalur yang banyak sehingga bisa menampung berbagi jenis KA maupun KRL.

"Nah nanti di Manggarai sendiri akan dibuat grade yang ground floor sekarang di situ ada 8 jalur kemudian di lantai 2 dibangun 10 jalur," tuturnya.

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMicmh0dHBzOi8vbWVnYXBvbGl0YW4ua29tcGFzLmNvbS9yZWFkLzIwMTkvMTAvMDkvMTMwNzU4MzEvc3Rhc2l1bi1nYW1iaXItdGFrLWxheWFuaS1rZXJldGEtYXBpLWphcmFrLWphdWgtYWtoaXItMjAyMdIBdmh0dHBzOi8vYW1wLmtvbXBhcy5jb20vbWVnYXBvbGl0YW4vcmVhZC8yMDE5LzEwLzA5LzEzMDc1ODMxL3N0YXNpdW4tZ2FtYmlyLXRhay1sYXlhbmkta2VyZXRhLWFwaS1qYXJhay1qYXVoLWFraGlyLTIwMjE?oc=5

2019-10-09 06:07:00Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar